No Gengsi to Sukses

MENJADIKAN PRIBADI YANG M3 (Menginspirasi, Menggerakkan dan Meneladani)

 

           

Profil Penulis

            Menulis dengan hati dan selalu untuk berbagi adalah bentuk amal manusia pada orang lain. Ibarat memberikan seteguk air pada seseorang yang kehausan. Ilmu tidak akan pernah habis untuk dibagi tidak seperti kue yang akan  habis jika dibagi. Persoalannya tidak semua orang bisa berbagi dalam menulis, sangatlah berat dirasakan untuk berbagi apalagi memberikan lebih pada orang lain. Namun tidak terjadi pada narasumber amazing kuliah online hari ke-12 yaitu Bapak Namin AB Ibnu Solihin, lahiir di Bekasi, tahun 1984 di Desa Wibawa Mulya Cibarusah Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Hidup dalam keluarga yang sederhana dengan kedua orang tua yang tidak pernah mengenyam Pendidikan, namun memiliki semangat yang luar biasa dalam memberikan pendidikan yang terbaik pada putra putrinya. Hal ini dibuktikan dengan telah mengenyam pendidikan dari SD sampai pada jenjang S2 di tahun 2011. Beliau seorang founder motivatorpendidik.com, seorang motivator dan trainer, dan ahli dalam membuat branding sekolah. Dengan fashion yang murah senyum dan kelihatan begitu tenang dalam tampilan diberbagai kegiatan workshop, seminar dan dalam berbagai organisasi, disamping sebagai narasumber juga sebagai motivator. Berbagai organisasi atau komunitas  pernah dibentuk, seperti founder @guruinspiratif.com, founder@gurubicara.com wadah  sebagai guru-guru inspiratif.

            Kegigihan dan kemandirian untuk mengarungi kehidupan yang sangat sulit telah dilalui, kelas 5 SD sebagai penjual es mambo, tukang bongkar muat bata saat  sekolah di MTS, menjadi office boy saat sekolah di Menengah Tingkat Atas, sempat menjadi kedai Toko Buku dan foto copy saat kuliah S1 dimana biaya Pendidikan dan kebutuhan kehidupan dari tingkat SMA sampai kuliah S2,  90 persen dari biaya sendiri. Perjalanan hidup  yang sulit hampir sama saat berusaha untuk memperbaiki branding sekolah mulai dari kurikulum, ketrampilan, soft dan hard ware sekolah sampai pada mindset warga sekolah. Namun waktu berlalu semua branding yang muncul dari diri sendiri untuk orang lain dapat diterima. Keberhasilan dapat dicapai dari bawah dan penuh usaha, kerja keras dan berliku-liku. Tidak pernah ada istilah gengsi dalam meraih kesuksesan. Mulai dari seorang penjual es, sebagai tukang bangunan, cleaning service, guru, wakil kepala sekolah sampai menjabat sebagai kepala sekolah bahkan sebagai dosen diberbagai perguruan tinggi. Tidak berhenti disana untuk berbagi berbagai langkah positif dapat dilakukan, bertugas menyeleksi guru dan kepala sekolah teladan, karena lebih fokus pada kegiatan sebagai motivator dan trainer jabatan kepala sekolah pun ditinggalkan.

 Berbagi itu Indah

            Berbagi informasi dalam bentuk artikel diberbagai blog, dan menshare tampilan presentasi dalam slidepresentasi.net. Lihai dibidang fotografer, berbagai  video pembelajaran dapat ditampilkan di youtube maupun istagram, facebook. Untuk bisa dikenal dan berbagi pada semua orang diperlukan sebuah branding, yang memberi ciri khas pada pembaca, baik dari sajian informasi, makna informasi dan kemanfaatan yang dirasakan oleh  pembaca. Untuk menciptakan branding yang kuat perlu usaha yang dahsyat pula. Wajib suka membaca,  berkolaborasi, menjalin komunikasi meminjam istilah bapak Nadiem Anwar Makarim menyontek antar guru yang memberikan makna selalu mau untuk saling mengisi, saling berbagi, belajar dari keberhasilan orang lain dan belajar dari kegagalan diri sendiri. Pembelajaran akan lebih segar jika disellingi dengan ice breaking, tidak kurang dari 60 ice breaking dapat mengangatkan suasana dan memfokuskan siswa atau peserta dalam berbagai kegiatan menjadi lebih menarik.  


            Dalam perjalanan sebagai guru pada tahun 2004-2015 telah mengajar di MTs,  pada SMP dan SMA, sebagai dosen pun pernah dilalui sampai sekarang. Pada tahun 2008 mengikuti program sertifikasi dengan anggota termuda. Ketrampilan sebagai public speaking dan hobi berorganisasi dimulai menjadi ketua OSIS di SMP, ikut di organisasi pelajar, organisasi mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan. Berbagi tidak pernah surut, dari tahun 2004-2014 meberikan pelatihan gratis dalam berbagai kegiatan, dan pada tahun 2015 memberikan pelatihan gratis menulis kepada guru sejabotabek pada peringatan hari guru sejuta blog dengan tema teacher writing camp (TWC).

            Hal yang mendasar dalam membudayakan membaca pada anak-anak adalah perlu pengawasan, bimbingan dan arahan, bukan sekedar jenis bacaan apa yang dibaca, yang penting selaku guru atau orang tua sudah bisa memfasilitasinya. Untuk bisa hasil tulisan lebih bermakna berbagi dalam berbagai media sosial sangatlah penting, baik tulisan di blog, FB. IG, dalam bentuk apapun, bisa juga dalam bentuk artikel, esai maupun PPT. Aturlah waktu menulis sesuaikan dengan kondisi masing-masing. perlu diingat menulis tidak mengenal ruang dan waktu. Dimanapun bisa share hasil tulisan, salah-satunya adalah hosting dimana kumpulan file website tersimpan dan juga bisa di share lewat slideshare.net. Jika karya-karya telah bisa dinikmati, dirasakan dan bermanfaat bagi orang lain itulah sebuah motivasi ekstrinsik penulis.  Sedangkan motivasi intrinsik adalah bagaimana bisa membahagikan keluarga, memberikan yang terbaik pada anak-anak dan menjadi panutan dan teladan bagi keluarga. Keberhasilan tidak terlepas dari keberhasilan seorang istri yang memiliki peran ganda, disamping sebagai ibu rumah tangga juga sebagai pendidik, pengasuh dan pembimbing putra putrnya.


            Lakukan apa yang bisa dilaukan, berani dan jangan pernah ragu dalam melangkah, mencoba, belajar dan terus belajar sebagai sebuah pengalaman maka diyakini akan dapat berbagi. Agar menulis tetap ajeg, kontinu dan berkelanjutan dapat dilakukan melalui 5a, dipaksa, terpaksa, kepaksa, biasa dan terbiasa. Kadang-kadang menulis perlu dipaksa walaupun kadang terpaksa agar bisa berkelanjutan lama-lama akan biasa dan terbiasa sehingga menjadikan budaya menulis. Selanjutnya akan ketagihan untuk menulis apalagi desain tulisan yang menarik, dipadukan antara gambar dengan video sebagai wujud audio visual. Keberhasilan dalam menulis adalah bentuk keberhasilan sesorang membranding dirinya, sehingga apapun yang dilakukan, tugas apapun yang diemban akan terasa menyenangkan jika telah memiliki branding..

            Tetaplah bersemangat untuk menulis, menulis akan dapat mendatangkan berkah dan menulislah dengan hati jangan pernah surut untuk berbagi, rajinlah membaca karena kunci menulis adalah sering membaca, membaca adalah jendela dunia, jadikan diri kita berguna dan bermanfaat pada orang lain sehingga menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

Saalam Blogger Nusantara

I Nengah Suradnya

 


Komentar

  1. Saya sangat setuju dengan jufulnya. Redume juga keren. Ayo ikut buat Antolohi dgn tema psk namin dan psk Dedi

    BalasHapus
  2. Penulisan resumenya sangat lengkap. Secara visual juga keren.

    BalasHapus
  3. Keren tulisannya..lengkap dan mengalir 👍

    BalasHapus
  4. Trimkasih bnyak bpk.ibu telah memberikn motivasi yg bisa kami jadikan cemeti untu berbagi..slm literas..semua berkat bpk.ibu semuanya...

    BalasHapus
  5. Kegigihan dan kemandirian yg harus kita teladani ya...hebat pak nengah..komplit

    BalasHapus
  6. Keren resumenya, keren nara sumbernya

    BalasHapus
  7. Enak dilihatnya... apalagi setelah dibaca..

    BalasHapus
  8. Bagus resumenya pak, dilengkapi gambar dan vidio juga..siip

    Mangga ke sini pak
    https://aniksudarwati22.blogspot.com/2020/06/membangun-branding-melalui-blog-dan.html

    BalasHapus
  9. sangat luar biasa resumnya jauh dari plagiasai. mantap pooool . kunjunga laman saya nggeh https://ciciswediastriana.blogspot.com/ dan mohon kisarannya yang membangun

    BalasHapus
  10. Mks ya bpk.ibu sdh berselncarrr..slm literasi

    BalasHapus
  11. mantap Pak Resumenya, dan saya sepakat

    BalasHapus
  12. Trims y bpk ibu ats kesediaan waktunya sdh mmpitrr

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan