Kuliah Perdana Om Jay

RANGKUMAN

KULIAH PERDANA MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU DARI “OM JAY” GELOMBANG 11 BERTEPATAN DENGAN HARI LAHIRNYA PANCASILA 1 JUNI 2020

 

 

Mengawali kuliah perdana menulis dan menerbitkan buku dari Om Jay bekerjasama dengan PB PGRI RI, Om Jay menyapa para peserta dengan menyampaikan teknis kuliah perdana yang sangat special karena pelaksanaannya bertepatan dengan lahirnya Pancaila, 1 Juni 2020 dari pukul 19.00-21.00  wib setiap hari senin, rabu dan jumat. Pelaksanaan kuliah dilaksanakan lewat WA group, selama pelaksanaan kuliah WA group akan ditutup sementara. Dan jika ada pertanyaan langsung japri OM Jay.

Dalam awal pemaparan Om Jay menyajikan 4 (empat) buah buku yang telah pernah ditulisnya yaitu Catatan Harian Seorang Guru Blogger, Melejitkan Ketrampilan Menulis Siswa, Blogger Ternama dan Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Om Jay menyampaikan kisah menulis dan proses penerbitan buku tersebut. Buku Catatan Harian Seorang Blogger adalah kumpulan hasil karya Om Jay saat di Blog Kompasiana.com/wijayalabs. Proses penerbitan buku tersebut dalam kurun waktu 6 bulan yang Om Jay lakukan terus menulis di blog dengan semboyan dikit-dikit lama-lama menjadi bukit. Dengan kerjasama bersama  Pak Sukarno sebagai editor bekerja dengan sungguh-sungguh, sampai buku tersebut bisa diterbitkan padahal keduanya tidak pernah bertatap muka langsung.

Buku Melejitkan  Ketrampilan Menulis Siswa dikerjakan dalam kurun waktu 3 bulan yang berisikan penelitian tindakan kelas (PTK) yang Om Jay pernah lakukan. Hasil PTK beliau lolos dalam INOBEL (inovasi pembelajaran) tingkat nasional dengan meraih berbagai hadiah bahkan juga bisa berlibur ke Bali dan kuliah gratis di negeri Tirai Bambi Cina tepatnya di University of Mining Technology. Buku ini terbit berkolaborasi sehingga ber-ISBN dengan Bapak Lukman dari Jawa Timur dan Ibu Hati di Bandung sebagai editor sehingga bahasanya bisa renyah dimata pembaca. Bukannya hanya uang dan akomodasi lainnya yang beliau dapatkan namun juga ilmu pengetahuan dan pengalaman yang nantinya akan dijadikan sebuah buku.

Buku Blogger Ternama adalah sebuah buku dengan kisah-kisah inspiratif dari Om Jay, yang menjadikan guru biasa menjadi guru luar biasa. Proses menulis dan penerbitan buku dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan denga secara rutin menulis di blog. Dari hasil itu beliau diundang makan siang di Istana Negara Bersama bapak Presiden Joko Widodo, dan jalan-jalan ke Singapora Bersama istri tercinta. Buku ini memberikan virus-virus positif pada guru-guru di Indonesia agar menjadi guru-guru blogger ternama. Buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang Terjadi adalah buku Om Jay yang pertama kali diterbitkan oleh penerbit mayor. Sungguh Om Jay adalah sebuah petualang walaupun dalam kurun waktu 6 tahun perjuangan menulis, beliau tak pernah putus asa terus berjuang untuk bisa buku tersebut sukses di pasaran. Akhirnya ada Dewa penyelamat dengan hadirnya Mas Yuan Acita sebagai editor sampai akhirnya buku tersebut bisa diterbitkan oleh penerbit Indeks Jakarta. Anehnya lagi belum pernah bertemu langsung dengan Mas Yuan Acita yang kabarnya berasal dari Padang. Buku Menulislah Setiap Hari Buktikan Apa yang Terjadi menjadi laris manis terjual yang menagantarkan Om Jay mampu membeli rumah untuk keluarga juga tidak terlepas dari sentuhan Mbak Abdah Khan dengan racikan bahasanya yang gurih membuat pembaca menghabisi untuk membacanya.

Dalam sesi tanyajawab muncul berbagai pertanyaan dari peserta ada yang ingin mengetahui perjuangan Om Jay dalam mengarungi dunia menulis dan mampu mencapai kesuksesan besar yang telah diraih selama ini. Menurut Om Jay berbagi lewat blog di internet adalah hal yang sangat luar biasa yang telah dilakukan selama 11 tahun, karena berbagi pengetahuan dan pengalaman adalah sungguh indah, sebab kesuksesan adalah sebuah proses ibarat menanam sebuah padi dan mengimplementasikan ilmu padi. Muncul pertanyaan bagaimana menjadikan PTK dijadikan sebuah buku? Om Jay akan mencarikan jawaban pada temannya yang pernah menerbitkan bukunya yang berisi PTK. Ada lagi yang menanyakan bagaimana agar buku kita bisa diterima di penerbit mayor? Dengan lugas beliau menjawab harus sering-sering menulis dimedsos. Dan berbagai pertanyaan lainnya yang muncul dari peserta.

Sebagai closing statement Om Jay berpesan kepada para penulis pemula penting menjalin sebuah kolaborasi dalam menulis dan menerbitkan sebuah buku, baik dengan editor maupun dengan penerbit karena saling membutuhkan dan saling menguntungkan agar bisa saling memuaskan sehingga bukan semata-mata untuk kepentingan sesaat. Karena semua butuh proses dan waktu yang sangat lama untuk menghasilkan sebuah karya tulisan sampai mampu diterbitkan menjadi sebuah buku yang berkualitas.

 

Dari Blogger Nusantara

 

I Nengah Suradnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan