Jejak Seorang Penulis


 

REKAM JEJAK SEORANG PENULIS SEJATI

 

 

1.          

             Perjalanan seseorang untuk mencapai kesuksesan kadang tidak disadari dan tidak dapat pula diterka kapan datangnya. Seiring perjalanan waktu dengan selalu fokus akan apa yang merupakan hobi dan kemampuan yang dimiliki dengan penuh ketekunan dan menghadapi berbagai rintangan tidak pernah surut menggapai asa. Dia ibu Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD. Lahir di Kuningan, 13 September 1984, bertugas di SDN Waihibur, Kabupaten Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur. Berbagai langkah konkrit telah dilakukan untuk memajukan daerah, hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang ditorehkan dari tingkat kecamatan sampai pada tingkat nasional, bahkan tingkat internasional.

 1.   Perjalanan Seorang Penulis Andal

        Berbagai prestasi telah disandangnya diantaranya sebagai resume terbaik, resume tercepat, tulisan terbaik dan inspiratif  dari prestasi yang diraih IGTIK PGRI bersama Penerbit Andi dengan memberikan penghargaan sebagai blogger inspiratif. Dan semua itu didapat dari sebuah proses yang cukup Panjang. Tak ketinggalan prestasi di tingkat internasional pun telah diraih, sebagai finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Mathematics Teacher tingkat internasional (2019), Finalis Lomba Mathematics Teaching Learning Model (MTLM) tingkat internasional (2019).

            Seorang penulis sudah sepatutnya rajin untuk membaca, melihat tulisan sesama blogger, rajin memberikan komentar dan tidak kalah pentingnya rajin blog walking dan ikut diberbagai group menulis yang bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas tulisan seperti pada pelatihan yang diselenggarakan oleh Om Jay pada group menulis dan menerbitkan buku. Keikutsertaan di group menulis memberikan ruang untuk saling berbagi, saling memberikan masukan bersifat sharing sehingga pengetahuan akan selalu bertambah. Salah-satu hal yang positif yang diperoleh adalah pikiran selalu dilatih untuk tetap bisa menghasilkan tulisan yang baik seperti membuat resume setiap selesai kegiatan. Pembuatan resume benar-benar ditulis dengan hati, dengan utuh saling berhubungan serta mudah dipahami oleh pembaca. Jika dilakukan secara kontinu, akan semakin berkualitas resume yang dihasilkan.

            Tulisan yang dihasilkan agar bisa dibaca oleh khalayak umum, dapat dilakukan dengan menshare diberbagai media sosial, dan yang paling sederhana bisa ditulis di blog, tidak salah blog yang dimiliki dikunjungi mendekati ribuan pengunjung. Berbagai tantangan wajib dihadapi penulis, suatu ketika seorang narasumber ibu Lilis Sutikno  memberikan tantangan  menulis resume cepat akhirnya tantangan dapat terlewati dengan kerja keras sampai masuk peringkat 10 besar penulis resume tercepat. Karena keberhasilan yang diraih akan berdampak pada kekuatan untuk selalu berbagi dan untuk berprestasi. "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya", memang benar-benar ajaib ketika  Prof. Richardus Eko Indrajit menantang untuk  menulis buku dalam waktu seminggu,  Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya yang berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik”, dapat diterbitkan oleh penerbit Andi Jogyakarta.

 2.   Rahasia Menulis Resume

2.1. Menulis Resume secepatnya

       Semakin cepat tanpa menunggu waktu lama untuk menulis resume, akan lebih memberikan ruang lebih luas untuk mengembangkan tentang topik yang dibahas karena masih jelas diingatan penulis. Untuk itu segeralah menulis, dan jangan budayakan untuk menunda sebuah tulisan.

2.2. Just be your self 

       Menulislah resume dengan gaya sendiri, memiliki rajana atau fashion tersendiri, tanpa meniru gaya orang lain. Menulis resume sesuai dengan gaya menulis sendiri, akan memberikan keunikan tersendiri bagi penulis dan pembaca, sehingga pembaca merasakan ada ciri khas pada tulisan yang disampaikan.

2.3. Kata kunci pada materi

Untuk dapat merasakan keindahan tulisan, rangkaian kalimat sendiri yang dimodifikasi dengan isi materi akan memberikan nuansa pada hasil tulisan. Tidak diharapkan penulis untuk meniru secara utuh apa yang disampaikan oleh narasumber, hanya menangkap poin penting dari materi tersebut.

2.4. Gunakan kalimat pengantar yang Menarik

Penggunaan kalimat pengantar yang menarik, membuat pembaca ingin mampir untuk membacanya atau berselancar ke blog-blog lainnya. Banyak pembaca akan tertarik untuk ingin tahu isi tulisan. Apalagi jika dihubungkan dalam kehidupan atau konteks sehari-hari yang dialami, dan mudah dipahami oleh pembaca. Keindahan masa kecil, hobi yang dimiliki, berita yang sedang ngetrend, atau kejadian-kejadian yang memberikan informasi baru.

2.5. Gunakan heading dan sub heading

       Penggunaan heading dan sub heading agar memberikan alur pikiran kepada pembaca, sehingga struktur tulisan akan mudah dipahami, mudah dimaknai, pembaca terasa simpel untuk membacanya, aura tulisan terasa dibenak pembaca.

2.6. Menulis resume sepenuh hati

Seorang penulis dihindari menulis dengan setengah hati, menulislah dengan sepenuh hati, penuh kosentrasi agar tulisan terlihat fokus pada topik yang dibahas atau dibicarakan. Tulisan tidak bias selalu menyambung satu dengan yang lain secara utuh dan menjadi satu kesatuan yang bermakna.

2.7. Profil Narasumber

            Kelengkapan data dan informasi narasumber sangatlah penting, mengingat profil narasumber memberikan nuansa kualitas dari materi yang disajikan. Semakin lengkap profil narasumber dapat ditampilkan akan memberikan motivasi bagi penulis juga memberikan gambaran kualitas tulisan oleh pembaca. Sumber informasi data penulis dapat dicari lewat media sosial, sumber-sumber literasi, dan berbagai data lainnya.

2. 8. Lengkapi dengan aplikasi atau alat-alat pendukung tulisan resume

       Penggunaan alat-alat pendukung berbasis aplikasi dan alat-alat berbasis teknologi seperti youtube, gambar-gambar, aplikasi voice to text, sangatlah penting untuk memperkuat identitas hasil tulisan. Mengakibatkan kepuasan pada pembaca, karena bukan saja dalam bentuk tulisan semata yang dirasakan pembaca namun juga dalam bentuk audio visual memberikan ketajaman pada resume yang disampaikan.

2.9. Lakukan blog walking

Untuk menambah wawasan, pengetahuan dan berbagai teknik penyajian berupa performance, rejana, maupun tampilan tulisan seorang penulis harus rajin blog walking. Saling berkunjung dan mengunjungi, anjangsana, hal-hal positif akan didapatkan dengan kolaborasi.

             Menulis adalah fashion seseorang, hobi seseorang yang tidak boleh dipaksakan, dan tidak bisa disamakan antara penulis yang satu dengan penulis yang lainnya. Sebuah kesenangan atau hobi yang dimiliki akan berpengaruh pada ciri atau niche sebagai gaya tulisan. Kunci utama seorang penulis harus terus menulis, bermutu atau tidak bermutu sebuah tulisan akan ada pihak-pihak yang menilai, seperti halnya mengirim tulisan di blog, di kompasiana.com, gurusiana, jurnal, surat kabar dan berbagai media lainnya. Dari sana ada tim khusus yang memberikan penilaian terhadap sebuah tulisan. Menulis jangan berorientasi pada profit walau itu penting, menulislah untuk berbagi atau sharing, saling melengkapi dan bukan saling mencari kelemahan. Dengan berbagi akan menghilangkan rasa minder dan menumbuhkan kepercayaan diri. Bagaimanapun sibuknya seorang penulis harus memiliki target, tidak terlepas sebagai ibu rumah tangga, sebagai kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan berbagai profesi lainnya. Mengatur waktu sangatlah penting, sehingga langkah-langkah yang dilakukan jelas dan terukur.Menulis judul yang menarik menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan seorang penulis, karena judul yang baik akan mengundang penasaran pembaca, untuk itu kesesuaian antar judul dengan isi tulisan haruslah tepat dan saling mendukung.

        3.   5 (lima) judul yang bisa menarik minat pembaca

1.   Judul Bombastis

Judul yang berkelebihan, mustahil, menggebu-gebu seperti 10 Hari Sukses Menulis Buku, 6 Hari Bisa Berbahasa Inggris, 5 Menit Menulis Resume  yang membuat pembaca ingin mengetahui kebenaran judul tersebut.

2.   Judul Kontroversi

Bertentangan, berlawanan seperti Belajar Menulis dari Menyulitkan Menjadi Menyenangkan, Menjadikan Sekolah dari Lingkungan Kotor Menjadi Clean and Green, dan sebagainya.

3.   Judul How to

Bagaimana mencapai sebuah keberhasilan, misalnya Bagaimana Menjaga Mood Menulis, Bagaimana Menjaga Blog Seperti Merawat Anak Sendiri, Trik Membuat Resume yang Efektif.

4.   Judul Manasuka

Sesuai dengan selera dan kemauan penulis, bisa membuat kebingungan namun membuat penasaran pembaca misalnya Laskar Lelangi, Cinta di Sebearang Lautan, Memandang Bukit dari Kejauhan.

5.   Judul Rahasia

Membikin pembaca penasaran terungkap dari judul, misalnya Rahasia Seorang Blogger,  10 Kiat-kiat Meraih Kesuksesan, Lima Judul Tulisan yang Menarik, Sembilan Jurus Penulis Kreatif dan lain-lain.

       Motivasi seorang penulis sangatlah penting, 2 hal penting yang mendasari motivasi dalam menulis yaitu menulis untuk berbagi dan menulis untuk berprestasi. Berbagi dan berprestasi adalah kegiatan dan aktifitas yang saling mendukung. Dasar penulis bisa berprestasi apabila sering berbagi dan berbagi adalah dasar untuk mencapai sebuah prestasi. Sebuah penilaian tentang kualitas tulisan didapat juga dengan mengetahui seberapa besar rekam jejak karya tulisan didapat diberbagai medsos maupun komunitas-komunitas lainnya.

 Kesimpulan    

            Menjaga kualitas tulisan, sangatlah penting jangan pernah menghilangkan mood saat menulis, apapun boleh direncanakan, seberapa bisa saja ditulis atau paling tidak dibuat kerangkanya, agar mood tetap terjaga. Menulislah tiap hari, walau hanya dua tiga kalimat. Berbagai manfaat akan didapat dari menulis disamping bisa mengikuti berbagai kegiatan menulis dan berbagai lomba menulis, bahan-bahan tulisan dapat juga dipakai materi bahan ajar di kelas, dan kumpulan tulisan dapat dijadikan sebuah buku, dapat diterbitkan diberbagai media sosial yang dapat dijadikan sebuah investasi. Menulis resume sangat bermanfaat, melatih otak untuk tetap berpikir kreatif, sehingga semakin tajam, mengikat sari-sari ilmu, sering melatih membuat resume dengan sepenuh hati, keajaiban akan terjadi, maka menulis, menulis dan terus menulis.

 

 Salam Blogger Nusantara

 I Nengah Suradnya


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan