Berbagi itu Indah

MENULISLAH DENGAN HATI

 

                Assalamualaikum w.w. Salam sejahtera untuk kita semua Salam hebat untuk Guru dan Insan Pendidik se-Indonesia, ucapan pengantar dari Om Jay yang selalu menyapa dengan hati. Seperti biasa Om Jay mempersilahkan moderator Ibu Fatimah yang selalu setia menemani insan pendidik seluruh Indonesia, dengan ucapan salam literasi dan tetap semangat. Nara sumber pada hari ke-6 kuliah menulis dan menerbitkan buku adalah seseorang yang selalu menggugah selera menulis dan selalu siap berbagi kapan saja. Beliau akan mengupas tentang Kisah Guru Ngeblog di Wordpress, nara sumbernya  adalah Bapak Bambang Purwanto yang sering dikenal dengan sebutan Mr. Bams. Aturan kuliah disampaikan oleh Om Jay yakni diawali dengan mendengarkan materi baru dilanjutkan dengan bertanya melalui japri moderator.

            Nara sumber menyapa guru di seluruh Indonesia melalui voice dengan ucapan selamat bergabung di group menulis di gelombang 1 s.d. 12 sungguh merasa bahagia bisa bersama-sama walau tidak bisa bertatap muka, ucapan terimaksih juga kepada moderator. Nara sumber merasa bahagia dapat bergabung untuk berbagi dengan orang-orang hebat dalam menulis, karena banyak diantara peserta sudah terbiasa menulis baik menulis di blog, email, media sosial bahkan saling mengunjungi blog yang diistilahkan dengan blog walking. Kesempatan yang sangat langka nara sumber dapat berbagi kepada para guru hebat tentang perjalanannya di wordpress  sehingga dapat  saling mengisi bukan maksud merasa lebih dengan yang lain. Dalam jedah waktu peserta diminta untuk berselancar di link yang telah disediakan melihat berbagai bentuk wordpress dan berbagai youtube.

Kisah Pertama Belajar di Blog dan Pegiat Literasi

            Setelah kembali dari sholat, peserta sudah berselancar di blog,  Mr. Bams melanjutkan dengan masa lalunya, dimana lahir kembar dengan seorang kakak perempuannya, pertanda nara sumber tidak sendiri di rahim ibunya. Mr. Bams bertugas di SMP Taruna Bakti sejak diterima tahun 2008, pada tahun 2019 diberikan tugas membimbing ekstrakurikuler blog. Disamping itu beliau juga sebagai kosultan pemetaan. Dari perjalanan blog multiply, dilanjutkan berpindah ke wordpress. Dsamping memiliki hobby senang menulis dan sejak tahun 2003 juga sebagai pendongeng. Sebagai pendongeng harus banyak membaca buku, bukti keliterasian nara sumber, tahun 2011 membuat Taman Baca di rumah dan sejak tahun 2012 taman baca yang dimilikinya sudah mandiri. 

            Label pegiat literasi menempel pada diri Mr. Bams, sejak tahun 2011 berkenalan dengan penulis-penulis hebat diantaranya Gol A Gong, penulis hebat Balada Si Roy, pendiri Rumah Dunia tamaan bacaan yang keren. Di sekolah tempat mengajar, sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah, membaca lima belas menit sudah menjadi kewajiban untuk peserta didik dan guru-guru.  Berkat hobi dan ketekunan yang dimiliki, sekolah selalu melibatkan dalam gerakan literasi. Adapun prestasi yang pernah diraih, Saat SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara Literasi Katagori Utama,  lama berkecimpung di dunia literas dan menjabat  Ketua Tim Literasi, Dinas Pendidikan kota Bandung memberikan  Anugerah Penggiat Literasi. Tahun 2019 mengikuti ajang Guru Inspiratif masuk 6 besar. Prestasi lainnya mendapatkan penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan  Jawa Barat dan Bapak Gubernur karena kontribusinya menggerakkan  dibidang literasi sekolah.

            https://penamrbams.id/contoh-blog-yang-dikelola-mr-bams/ adalah salah-satu blog yang dikelola Mr. Bams.  Adapun tujuan membuatnya 1. Malu sebagai guru TIK ngak punya blog. 2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog. 3. Berbagi pengalaman.  4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat).  5. Menghasilkan rupiah. Konten blog pada prinsipnya, 1. Isilah yang disukai,  senang menulis cerpen, tulislah cerpen,  senang menulis puisi, tulislah puisi.  2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Wabah Covid-19 menuai berkah,  gara-gara Covid saya memberanikan buka kelas blog, sebagai langkah untuk berbagi, yang diinspirasi oleh Om Jay. Terdiri dari 3 kelas blog yaitu pemula, lanjutan dan utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja).  Walaupun ada biaya administrasinya namun Mr. Bams tetap memberikan cost yang terjangkau dan pelayanan yang utama.  

            Tujuan kuliah online ini pada akhirnya harus menghasilkan karya sebuah buku, untuk itu  lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukan.  Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya, bermodal mau maka akan menjadi bisa. Pengalaman yang nara sumber sampaikan hanya setetes embun dipagi hari. Masih banyak orang hebat, namun bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermanfaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun. Meakhiri penjelasan , moderator memberikan ruang bagi peserta untuk bertanya.

            Pada sesi tanya jawab Mardiyanto dari SMPN 3 Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah lama punya beberapa blog, tetapi tiap membuka blog cenderung lebih suka mengeksplor tampilan blog daripada menulis, apalagi kalau pakai blogger templetnya bisa diotak-atik bebas. Kiat-kiat  agar bisa fokus menulis di blog daripada mengotak-atik tampilan blog. Orang memang selalu tergoda dengan penampilan, sehingga seringnya otak-atik. Beradamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis, semiggu sekali, dua hari sekali atau setiap hari. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intensitas menulisnya. Ibu Titin Sumartini dari Subang,  ingin sekali mengetahui batas normal mampu membuat blog, manfaat mebuat blog agar dapat menghasilkan income, dan solusi dari kendala-kendala yang dihadapi terutama terutama jika masih awam dengan IT.  Ada yang satu hari sudah bisa, bila hanya dasar (a) membuat blog, (b) belajar posting 2 hari juga bisa. Untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog tergantung rejeki. Berdasarkan pengalaman nara sumber blog penamrbams.id lahir senang membahagikan orang lain. JIka melakukan kebaikan, maka akan datang kebaikan. Yang  real  dapat income adalah saat bisa mengajar blog. Untuk bisa menghilangkan rasa malas  salah satunya dengan memiliki pemikiran malas ngeblog ganti kalimatnya menjadi sedang berjuang membuat blog.  Ibu Sumarjiyati menginginkan hasil tulisannya pada blog maupun wordpress, perbedaan antara blog dengan wordpress dan tata cara pengelolaannya.  Menulis di blog bisa dimana saja, ada blogspot ada wordpress, ada juga yang di web. Menulis dimana pun bagus, tergantung selera dan kebiasaan. Boleh punya dua blogspot dan wordpress asal bisa dikelola dengan baik. Mengelola dua blog dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang tekun, bila latihan pasti bisa.

            Pertanyaan muncul dari Bapak Supyanto kota Bekasi, tentang  perbedaan  antara blogspot dan wordpress, dilihat dari kelebihan dan kekurangannya.  Dua-duanya bagus, fokuslah di satu blog, kemudian berbahagialah dengan blog yang dikelola, tergantung kepada penggunanya. Selanjutnya  dari Pak Nengah Suradnya dari Klungkung Bali, ingin mengetahui hal-hal positif yang diperoleh baik dalam menulis juga selaku trainer dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses ngeblog maupun di wordpress. Hal yang postif adalah hidup merasa tertantang untu bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target. Seperti halnya menu penamrbams.id Pagi >>> Berita Siang >>> bebas, kadang posting kadang tidak (mulai besok ada tampilan baru, tunggu aja) sedangkan Malam >>> Tulisan Sebelum Tidur.  Kendala saat ngeblog  jaringan sedang tidak bersahabat, padahal kita mau posting juga terkadang habis ide. Solusinya dengan membaca ke taman baca atau perpustakaan pribadi. Dari Siti Nurlatifah Dari SDN Hegarmanah Kab. Subang mengharapkan agar cara ngeblog menjadi ramai pengunjung dan bisa di lirik oleh pembaca. Yang akhirnya bisa menjadi seorang blogger dan tahu manfaat blog itu sendiri.  Cara blog agar ramai dikunjungi, 1. Tergabung dengan komunitas (seperti grup menulis ini, ada 12 grup).  2. Sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG.  3. Rajin berkunjung ke blog yang lain.  4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain. Sedangkan  manfaatnya, 1. Sederhananya blog bisa menyimpan tulisan kita, tetapi bisa dibaca oleh banyak orang. Beda kalau tulisan disimpan di laptop, komputer bahkan buku.  2. Melatih menulis, jadi terbiasa menulis. 3. Membangun kepercayaan diri melalui tulisan.

            Edi Syahputra.H dari Aceh, ingin mengetahui kisah guru Ngeblog di WordPress dan cara untuk menjadi guru blogger. Kisah guru ngeblog di Wordpress, adalah pengalaman-pengalaman selama membuat blog. Pengalaman bagaimana mengajarkan peserta kelas blog, membutuhakan kesabaran luar biasa. Membalas chat japri saat membuka kelas blog,  membuat keringat dingin dan terasa lega apabila bisa terselesaikan semua. Saat blog digunakan oleh sekolah saat pandemi covid. daringsmptarunabakti.worpdess.com membuat perasaan menyenangkan.  Agar menjadi guru blogger, buatlah blogger dari sekarang. kemudian belajar menulis, posting dan saat itu pula sudah menjadi guru blogger (maksudnya guru yang menggunakan dan memanfaatkan blog). Pertanyaan dari Ibu Nurbaya dari Kepri tentang satu artikel yang di-posting sekaligus di 3 bog. Umpama di blogspot, wordpress satunya di gurusiana. Jika bisa tentukan posting yang utama dimana,  misalnya di blogpost. Saat di posting di wordpress maka diakhir halaman bisa dijelaskan dengan tambahan kalimat,  tulisan ini pertama diposting di ........blogpost.com. Dan  apa beda antara blog berbayar dan blog gratis. Blog berbayar ada, biasanya lebih ke fasilitasnya berbeda.  Pilihan blog berbayar karena ingin terlihat penampilannya berbeda, ya ngak gratisan. Tapi bagi kita guru, optimalkan saja yang ada, tidak harus pilih berbayar. Kecuali memang ingin menaikan kelas.  Di wordpress namanya penamrbams.wordpress.com (namanya panjang) saat pakai web maka nama bisa yang kita inginkan penamrbams.id (bedakan) tetapi boleh saja saat masih menggunakan wordpress tetap mengelola penamrbams.id.

            Bapak Hengki Rumere dari Mukomuko, hal-hal yang menjadi motivasi utama dalam menulis diblog, kemudian langka-langkah yang dilakukan agar pembaca tertarik mengunjungi blog. Motivasi utama adalah melatih kebiasaan menulis dan membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk orang lain. Menarik pembaca, karena membangun blog memang tidak mudah, seperti halnya membangun sebuah komunitas. Makanya di penamrbams.id sengaja ada kumpulan link blog (blogspot, wordpress, web blog), tujuannya agar bisa saling berkunjung (blog walking). Maka silatiurahim terus dibangun, seorang guru, buatlah materi dan tugas di blog  pengunjung akan berselancar ke blog. Kemudian tulislah tidak hanya materi dan tugas, akan tetapi yang lainnya kita tuliskan, agar menjaring pembaca. Tetap semangat, menulislah untuk membahagiakan yang lain, maka kebahagiaan akan datang tak tertahankan.

            Ibu Endang Rima Widyaingsih guru SD terpencil  Bukit Indah Singura Provinsi Sulawesi Tengah.  Pada setiap blog yang dikelola, ingin mengetahui kecocokan dan kesesuaian tema, seperti tema Pendidikan, curhat, pengalaman memasak atau tema lainnya.  Untuk awal silahkan tuliskan apa yang disukai, bila diawal sudah bingung biasanya tidak  jadi menulis. Kemudian seiring waktu, mana yang lebih konsisten, sediakan saja menu, atau tag untuk tulisan-tulisan yang disukai.  Hati-hati dengan Curhat jangan sampai kelepasan, ingat blog konsumsi public dan pintar-pintarlah memposting sebuah tulisan. Ibu Noorlanyati yang lagi berulang tahun, dari Semarang mengharapkan membangun ide/cerita supaya setiap kali  mendongeng ada sesuatu yg baru yg bisa diceritakan serta trik mengelola taman bacaan,  sumber-sumber buku yang relevan dalam mengelola taman bacaan, model kunjungan ke taman bacaan. Untuk bisa membangun ide dalam mendongeng adalah rajin baca buku, sering memperhatikan yang lagi ramai dibicarakan apa saja apa itu masalah Pendidikan, korupsi, kenakalan remaja, masalah pandemi virus corona dan sebagainya. Untuk mengelola Taman Baca dasar pokok adalah hobi sekeluarga untuk bisa saling membantu dan menjaga. Sumber buku bisa juga dari teman, sahabat, jejaring di komuinitas, dan dari donator lainnya yang tidak mengikat.  Semua fasilitas taman bacaan yang dikelola nara sumber yang bernama TBM AS Lebakwangi bersifat gratis.

            Selanjutna ibu Eti Haryati dari bogor yang sudah mengikuti kelas ini di gelombang 9 yang berkeinginn dari tulisan yang telah dimiliki bisa dijadikan buku. Seperti peserta lainnya setiap akhir kegiatan kuliah mengirimkan resume ke email Om Jay. Untuk mewujudkan itu diharapkan para penulis berkenalan dengan penerbit, biasaya penerbit akan memberikan arahan. Memang harus bersabar, yang penting selalu ada ikhtiar. Bila sudah waktunya dengan penuh ketekunan dan tekad yang kuat pasti bukunya terbit. Ibu Ika ada kekhawatiran tentang keamanan tulisannya di blog. Untuk itu ikhlaskanlah karena bila sudah dipublish, tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi kita sebagi blogger yang baik, bila mengambil sumber dari yang lain sebaiknya link/URL nya disebutkan juga, sebagai penghargaan kepada pemiliknya, atau penulisnya sehingga tulisan penulis dapat dipertanggungjawabkan karena menabung yang baik adalah dengan memberi.

            Ibu Isnawati dari Kuala Kapuas Kalteng ingin mengupas cerita awal Mr. Bams tertarik sebagai pendongeng. Diawali karena senang dengan anak-anak, saat isteri sedang mengandung, sangat senang mengajak bicara saat Salwa (nama anak Mr. Bams) di dalam kandungan. Pertama kali mendongeng itu tahun 2003 tepatnya bulan April 2003. Salwa lahir bulan Maret 2003. Sehingga nama pendogengnya adalah Ayah Salwa. Didaulat menjadi pendongeng tetap di Dinas Pendidikan kota Bandung tidak terlepas dengan Taman Bacaan yang dikelolanya, dan kemampuan mendongeng yang ditularkan di Kabupaten Bandung. Berikutnya bapak Pahdi dari Banjarmasin yang ikut pada gelombang 12 ingin mengetahui perkembangan medsos tentang rivalitas antara Blog Vs Vlog. Memang perkembangan vloge dan youtube luar biasa, namun sebagai seorang guru, ketrampilan menulis tetap ditanamkan dan dikembangkan kepada peserta didik, karena semua dasarnya adalah menulis, baik menjadi blogger, vlogger dan youtuber  jalani sesuai dengan minat.

Kesimpulan

            Diakhir pertanyaan moderator mempersilahkan Mr. Bams menyimpulkan isi paparannya  sebagai berikut :

  1. Tantangan luar  biasa bagi kaum pendidik salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan terus berlatih menulis, menulis diberbagai media sosial, kreatif dan pada akhirnya dapat menjadikan sebuah buku.
  2. Kelola blog dengan sepenuh hati, jangan hanya mengejar target namun menjadikan blog seperti buah hati yang selalu disayang  dengan mengupdate setiap hari.
  3. Jadilah guru yang selalu berkolaborasi dan berbagi, dalam bentuk apapun seperti informasi maupun dengan blog itu sendiri.
  4. Semua orang memiliki kemampuan yang luar biasa, gali dan kembangkanlah kemampuan yang ada dengan terus menulis, menulis dan menulis.

Ungkapan motivasi dari nara sumber “Banyak orang bisa tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu” dan “Hidup ini akan selalu bahagia karena bahagia diciptakan setiap saat” untuk itu “Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman”.

 

            Salam Blogger Nusantara

            I Nengah Suradnya


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan