Menulis Untuk Dikenang


LAKUKAN DENGAN IKLAS, REJEKIPUN AKAN MEMBALAS

 

                Air yang mengalir memberikan kehidupan bagi mahkluk hidup,  tumbuh-tumbuhan, binatang terutama manusia. Disamping kehidupan  juga memberikan  kesejukan, untuk kesehatan dan memberikan ketenangan serta menghilangkan kehausan. Kehausan akan berbagai ilmu, ketrampilan, seni, budaya, leadership, public speaking akan terobati oleh narasumber yang sudah go internasional yang sudah melalang buana dengan segudang bahkan selangit karya yang telah ditorehkan, yaitu Bapak Drs. Dedi Dwita Gama, MM.,M.Si. bertempat tinggal Jln. Cipinang Muara 1, Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur DKI Jakarta ditengah padatnya jadwal kegiatan berkesempatan hadir  memberikan kuliah online belajar menulis dan menerbitkan buku yang dikomandoi oleh pakar menulis buku yang tidak asing lagi ditelinga guru blogger nusantara, Om Jay.

Awal Karir 

                Berawal pada tanggal 27 Nopember 2005, pertama kali memposting sebuah tulisan di blog dedidwitagama.wordpress.com dengan judul postingan My First Time. Sampai sudah 4100 artikel ditorehkan dilihat 2 juta kali dengan pengunjung 600.00 selama 13 tahun ngeblog.  Berbagai aktifitas dijalakan dengan penuh confidance, disamping 17 tahun sebagai pendidik di STM Negeri 39 Jakarta, pernah menjabat sebagai headmaster di SMKN 3 Jakarta (2009), dan menlanjutkan sebagai Kepala Sekolah di SMKN 36 Jakarta, di tahun 2011 dipercaya lagi sebagai kepala sekolah di SMKN 29 Penerbangan Jakarta sebagai satu-satunya sekolah kejuruan dibidang Penerbangan Negeri yang berada di Jakarta sampai tahun 2012. Dan akhirnya sampai saat ini kembali menjadi guru di SMKN 50 Jakarta. Berangkat dari menamatkan bangku SD pada tahun 1976, SMP (1979), SMA Negeri 35 Jakarta (1983) melanjutkan DIII Pendidikan Matematika IKIP Jakarta.  Menyelesaikan  S1 Pendidikan Matematika FP.MIPA IKIP Jakarta dan gelar Magister diraih sebagai Magister Manajemen SDM STIE IPWI Jakarta (1998), di tahun 2001 mendapat gelar Magister Sains Matematika Industri Jurusan Statistik-ITS Surabaya.

“Penghalang terbesar untuk meraih kesuksesan adalah ketakutan untuk menghadapai kegagalan” (Merry Riana)

Perjalanan Organisasi

                Dalam pengembangan karir berkolabaorasi dengan berbagai Lembaga dan organisasi dari tingkat nasional sampai tingkat Internasional. Sejak tahun 1996 bersinergi dengan BNN RI, BNN Provinsi dan BNN Kabupaten dibeberapa daerah se-Indonesia. Tidak hanya bersinergi di organisasi nasional juga dibeberapa organisasi internasional seperti IASTP (Australian Indonesian Specialised Training Program) ILO, Unesco dan berbagai organisasi lainnya. Sebagai bentuk kepedulian dan kesungguhan untuk memajukan dunia Pendidikan berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, beberapa universitas terkenal Dalam Negeri seperti UNJ, UI, Universitas Tri Sakti. Tidak saja mengurusi bidang akademik, bidang senipun menjadi garapan juga, hal ini dibuktikan dengan bergabung diberbagai kelompok seni antara lain Ikatan Abang Nona Buku (IKANOBU) DKI Jakarta dan Jakarta Utara disamping hobi membaca puisi yang telah lama disenangi dengan meraih beberapa kali juara baca pusi, juara 1 Musikalisasi Puisi tingkat Nasional DPD Golkar DKI Jakarta, juara harapan 1 lomba baca puisi se-DKI Jakarta (1986), bahkan pernah meraih juara ke-2 Menyanyi Keroncongse-DKI Jakarta dan Jabar (1986).

Trainer dan Motivator

                Perjalanan karir sebagai trainer, motivator dan narasumber dilakoni hampir 1198 kegiatan training dalam dan luar negeri dari Aceh sampai Papua dari tahun 2005-2019, meramba negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Jepang. Untuk menyelaraskan dengan hubungan kemasyarakatan  beberapa organisasi profesi ditekuninya sebagai  Wakil Sekretaris PGRI Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, dan Sekretaris KKKS SMK DKI Jakarta (2009-2011). Dengan keuletan dan kegigihannya berbagai prestasi telah diraih sebagai wakil Indonesia pada Academic Leadership Training For School Principal  Unesco, Korea Selatan (2012), Juara 1 Guraru Award-Guru Era Baru Award Indonesia, Nominator Blog Pendidikan Terbaik Indonesia, Pesta Blogger Nasional (2012), Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi, Wakil Indonesia pada Training On Drugs Abuse Prevention Activities Asia Pacifik, Jepang (1996).

Catatan Pena

                Sebagai seorang literat, pecinta dan penulis buku dengan multi talenta telah mampu melahirkan sejumlah buku (22 judul buku) diantaranya buku PTK, Komunikasi yang Efektif dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Penyuluhan yang Efektif, Buku Paket Matematika SMK Teknik jilid 1, 2, dan 3. Upaya Menumbuhkan dan Membina Sikap Ilmiah serta Sikap Profesionalime dan berbagai judul buku lainnya. Berbagai tuisan yang mengalir difile dalam blog, karena blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang. Yang dipopulerkan oleh blogger.com yang dimilki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh google pada tahun 2002. Blog memberikan manfaat untuk mendokumentasikan seluruh ide-ide, catatan perjalanan, catatan-catatan harian, aktifitas atau kegiatan sekolah, sesuatu yang bisa memberikan terbaik bagi pembacanya. Agar tetap pada kebiasaan menulis lakukan dimanapun, kapanpun tanpa memilih tempat dan waktu. Saat menunggu antrian, saat parkir, sedang jalan-jalan dan berbagai aktifitas lainnya. Menulis tidak bisa harus ditargetkan secara baku, mengatur waktu ditentukan bagi penulis, antara istirhat dan waktu menulis disesuaikan pada kondisi penulis itu sendiri.

                                                   

                Buku yang menarik sangat subyektif tergantung pembacanya, untuk bisa membuat buku yang menarik perlu latihan yang panjang, tetap bersemangat ada orang lain yang memberikan masukan atau penilaian, untuk itu perlu saling memberikan komentar di blog teman-teman dengan blog walking, saling mengunjungi, saling berselencar dan saling memberikan komentar, yakinlah tulisan lebih berkualitas dan pengunjungpun akan bertambah. Menulis di blog tidak harus Panjang bisa 3, 2 atau 1 alenia dengan dilengkapi audio atau visual. Dimanapun menulis di blogger.com., wordpress atau kompasiana.com tergantung pada penulis, hal terpenting bagaimana merawat tulisan agar selalu menginspirasi pembacanya. Jangan pernah membuang-buang ide untuk menjadi sebuah tulisan walaupun belum lengkap dapat terus dilanjutkan kapanpun bisa dilakukan.

Kesimpulan

                Jangan pernah menolak jika ada sesorang yang meminta untuk saling bersedekah dalam menulis dan jangan pernah selalu memikirkan profit namun teruslah menulis agar selalu menjadi penulis yang produktif Karena rejeki akan datang jika segalanya sudah dilakukan dengan iklas. dan semoga pandemi covid-19 cepat berlalu.

SETIAP KEGAGALAN MEMBAWA SATU BENIH KESUKSESAN”

(Merry Riana)

Guru Blogger Nusantara

I Nengah Suradnya

Komentar

  1. Bagus...wlw ada typo dipenulisan tahun perjalanan karier...semangat

    BalasHapus
  2. Trims y bu Husnul sdh ngasi masukknnys..

    BalasHapus
  3. Trims, ya tmn2 nusantara telah mampir, mhn maaf bila ada yg kurang berkenan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan