Self Driving For Teacher

PERJALANAN MENGIKUTI WEBINAR SEMINAR BERSERI SELF DRIVING FOR TEACHER OLEH PB PGRI REPUBLIK INDONESIA DARI TANGGAL 2 MEI 2020 SAMPAI 20 MEI 2020 DALAM RANGKA HARI PENDIDIKAN NASINAL DAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL MENUJU GURU DARING MILENIAL BEKERJASAMA DENGAN RUMAH PERUBAHAN DAN MAHIR ACADEMY

 

Mengawali informasi yang disampaikan oleh Ketua umum PB PGRI Ibu Prof. Dr Unifah Rosyidi saat menjadi narasumber pada kegiatan workshop online PGRI Provinsi Bali menyampaikan bahwa PB PGRI akan menyelenggarakan seminar yang akan dimulai bertepatan dengan hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2020. Spontan terbersit dalam ingatan untuk mengikuti kegiatan tersebut apalagi disampaikan pula yang menjadi narasumber adalah orang-orang hebat dan berbagai daerah rekan-rekan guru sudah siap untuk mendaftarnya.

Mengawali dengan proses pendafataran yang termuat dalam brosur yang dikeluarkan oleh panitia, melalui link yang telah disiapkan mengawali dengan pengisian bio data dan pembelian tiket ditempat-tempat yang ditentukan. Setelah itu mengirim bukti tiket pembayaran dan menunggu validasi dari panitia. Proses validasi untuk mendapatkan username dan password inilah yang memakan waktu yang cukup lama terkait dengan jumlah pendaftar yang sangat banyak dan berjubel sampai kegiatan webinar sudah dimulai banyak para peserta yang belum mendapatkan username dan password. Setelah masuk kedalam group webinar yang dipandu oleh panitia menjadi berbagai kelompok dan cluster daerah tepat malam dihari kedua baru mendapatkan username dan password dengan perjuangan yang tinggi dari panitia.

Ketinggalan selama dua hari tidak membuat saya kendor, sehingga kegiatan pembukaan secara live streaming tidak bisa saya ikuti, namun terus bertekad untuk mengejar materi dari narasumber hebat. Perjalanan berliku-liku kembali memasukkan username dan password belum bisa diterima bertanya kembali ke group yang telah dipandu oleh tim yang penuh bersahabat membimbingnya. Akhirnya proses absen lewat link yang telah dicantumkan dijadwal akhirnya dapat log in. Keberhasilan melakukan absen apabila telah muncul gambar ibu Ketum PB PGRI seperti yang dijelaskan oleh bapak Prof. Eko Indrajit.

Rasa lega menyelimuti, hari demi hari, materi demi materi saya ikuti dengan kesungguhan mulai pukul 07.00 wib dengan kata-kata sambutan dari para narasumber didahului dengan lagu mars PGRI juga Hymne PGRI. Dalam proses awal host memperkenalkan para narasumber juga memberikan pesan dan kesannya dilanjutkan dengan jadwal materi pada hari yang bersangkutan. Suasana berjalan dengan sangat akrab penuh canda, guyon, gelak tawa saling bersahutan bahkan kadang-kadang diselingi dengan pembacaan pantun ataupun puisi. Sesi demi sesi saya lalui dengan penuh semangat, live streaming cannel youtube PB PGRI penuh dengan kunjungan, budaya like, subcribe dan share selalu oleh Ibu Ketua Umum PB PGRI dan penekanan beliau pula agar guru-guru diseluruh nusantara bisa mengikuti kegiatan webinar ini dan tetap salih berkolaborasi agar pengetahuan webinar dapat disebarluaskan. Yell tetap dikumandangkan akan memulai kegiatan, hidup guru, hidup PGRI, solidaritas yess, siapa kita Indonesia. Dan disetiap akhir pembukaan sesi menuju akan pemaparan dari penyaji diselingi dengan lagu NUSANTARAKU.

Penulis sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan webinar yang sangat amazing, penuh spetakuler dengan sajian berbasis IT abad-21. Dengan nara sumber hebat seperti Prof. Unifah Rosyidi dengan Guru Abad ke-21, Prof Eko Indrajit dengn membawakan materi Cyber Pedagogi dan SLCC, Prof. Rhenald Kasali dengan Self Driving For Teacher, Prof Suhono Supangkat menyajikan Digital Literacy, Prof. Zainal Hasibuan menyampaikan Mobile Learning, DR. Imron Rosidi, M.Pd. menyajikan Menulis Untuk Kenaikan Pangkat sampai ke IVe, Prof. Marsudi Kisworo dengan E-learning Design, Prof. Supardi Penelitian Tindakan Kelas di Masa Pandemi Covid-19, dan nara sumber muda lainnya seperti Posma Sihombing melalui Di Kampung Aku Tetap Anak Milenial, Yason Pranata dengan Berani Bermimpi Menjadi “Guru Keren” Perjalanan Guru SD Mendapat Beasiswa ke Australia. Juga dari rumah perubahan dan mahir academy dengan materi Edutainment, Gamification, Virtual Classroom dan berbagai naras umber lainnya. Teman-teman banyak mengajukan pertanyaan baik melalui chat di youtube maupun menelpon narasumber diskusi berjalan lancar dan penuh rasa kekeluargaan tak akan pernah ada surut untuk mengikutinya.

Pada akhir kegiatan diadakan wisuda peserta webinar yang dilaksanakan oleh Ketum PB PGRI dan penyerahan sertikat secara simbolis perwakilan dari guru SD, SMP dan SMA/SMK. Pada saat itu pula diumumkan 10 (sepuluh) besar peserta terbaik menurut penilaian dewan juri dari seluruh provinsi. Satu hal yang mengejutkan bahwa peserta webinar mencapai 1.500 orang, animo peserta sangat tinggi dan menurut rencana kegiatan webinar guru daring milenial akan dilanjutkan pada bulan juni 2020.

Salam Blogger Nusantara,

I Nengah Suradnya

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan