Catatan Om Jay


Sepuluh JUTA KANTONG KANAN, sepuluh JUTA KANTONG KIRI
CATATAN MATERI OM JAY

Menjadi Blogger ternama, Guru Blogger Indonesia Oleh Wijaya Kusumah yang sering dipanggil Om Jay kegiatan dihadiri teman-teman guru dari beberapa daerah. Sebelum mulai materi diawali dengan doa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipimpin oleh Om Jay. Dengan tema “Menjadi Blogger Ternama dari Guru Blogger Indonesia”, dengan motto “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”. Jabatan beliau sebagai Wasekjen PGRI pusat dan menjabat juga sebagai pengurus APKS PB  PGRI. Kegiatan dilaksanakan tanggal 8 Mei 2020 dalam rangka Webiner & Workshop On Line di Youtube Channel Pengurus Besar PGRI. Identitas Om Jay nama  Wijaya Kusumah yang bermakna  bunga yang romantis, lahir di Jakarta, 28 Oktober 1970, jurusan S1 Elektro di Jakarta dan  tidak menyangka menjadi guru, beberapa prestasi dan penghargaan telah diperoleh dalam berbgai lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran, juga sebagai narasumber atau pemateri diberbagai seminar, workshop, simposium, dan berbagai pertemuan ilmiah lainnya sampai keliling Indonesia. 
Pengalaman menjadi guru blogger Indonesia, blogger ternama, mulai dari tidak tahu menjadi tahu, buku terbaru yang telah dihasilkan “Catatan Harian Seorang Guru Blogger”. Tahun 2017 memperoleh penghargaan Inobel. melanjutkan S-3 di Universitas Jakarta Indonesia. Ada 3 cara menjadi kaya, lahir dari keluarga yang kaya, kawin dengan anak-anak kaya, anak yang kreatif dan berkarakter. Kegiatan menulis diawali ikut lomba karya tulis IMTAQ, tahun 2008 mengembangkan blog, lolos lomba blog di tingkat nasional, pada tahun yang sama mendapat apreasi dari pemerintah, hasil karya anak-anak dikumpulkan dalam sebuah buku. Tahun 2009 naskah buku penghayaan anak-anak dalam sayembara buku penghayaan pemenang pertama dengan hadiah 20.000.000 dibagikan batik merah, 10 juta kantong kanan, 10 juta kantong kiri. Menulis di blog tidak sia-sia, seminggu kemudian juara 1 blog Indonesi usia blog sudah 11 tahun. Juara 2 dalam lomba diguru era baru, memberi pencerahan guru-guru se-indonesia, juga ngeblog di kompasiana alhamdullilah mendapat hadiah. Tahun 2012 menjadi guru terpavorit tiga  dapat hadiah 10 juta. Om Jay juga berlatih bicara mengikuti lomba pidato sebagai juara 2, dapat memperbaiki cara bicara, memiliki guru bernama ibu Siti Rohmani Rauf yang menerbitkan buku “Ini Budi” “Ini Bapak Budi”.

Seorang penulis harus percaya diri, mulai tahun 2007 tugas-tugas Om Jay sudah ditaruh di blog, biaya murah, bisa dibuka secara luas. Bisa juga berupa foto, penugasan, murid bisa menyimak dari rumah, terjadilah connecting and sharing. Materi bisa diupload di youtube, baik penghayaan, PTK dan karya tulis lainnya. Hasil menulis di blog dapat dijadikan buku, dapat dishare di twitter,  istagram. Berkat mengajar dan menulis di blog diundang oleh bapak presiden Jokowi makan siang bersama diminta memberikan saran masukan oleh presiden Jokowi, perlu modal kemampuan menulis dan kemampuan berbicara menghadap seorang presiden. Dengan suara gemetar minta akses internet di sekolah gratis, juga bertemu dengan Bapak Wakil Presiden Yusuf Kalla bertemu di Global TV.

Ada 4 kekuatan dalam menulis di blog yaitu kekuatan pikiran, perkataan, perasaan dan perbuatan agar menjadi blog ternama. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya sebuah moto oleh Ali Bin Abi Thalib, memberi makna ilmu akan bermakna jika dicurahkan dalam bentuk tulisan. kalau menulis di blog dibaca banyak orang, menulis setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, jadilah guru yang tangguh berhati cahaya. Suka duka dialaminya pernah  bekerja diperusahaan mengira di guru dapat gaji lebih besar, saran istri  tetaplah menjadi guru. Kisah waktu menyusun PTK ditolak alasan karena bukan dosen, ditulis berdasarkan pengalaman blogger sehingga menjadi PTK yang unik.  Ketika makan siang bersama pak Dedi berkata “Om Jay kita bisa berangkat ke Aceh” katanya. Sebentarnya lagi ditelpon panitia  diminta berbagi ilmu  PTK ke Aceh, akhirnya berdua berangkat ke Aceh. Dalam membuat PTK bukan hasil PTK saja yang penting tapi langsung posting ke blog, akan lebih bermanfaat dan bermakna.
Belajar menulis cukup diawali dengan tiga   alenia, alenia pembuka, isi, dan penutup. Seorang penulis  disarankan banyak membaca buku, jangan pelit membeli buku, akan mendapat sesuatu yang menarik, beli buku baru, sehingga dapat pengetahuan baru, diharapkan ada sejuta guru ngeblog. Membuat blog tidaklah sulit, bisa ketik di google cara membuat blog. Hari  sejuta guru menulis di blog pada hari kebangkitan nasional oleh guru bloger bisa terwujud. Blog agar menarik bisa diisi dengan tebak-tebakan seperti satu kelinci melihat 6 gajah menuju sungai satu gajah melihat 2 monyet menuju sungai, setiap monyet membawa 1 jangkrik ditangannya berapa hewan menuju sungai? dengan catatan jangkrik buka  hewan. Om Jay melihat jawaban di chat dengan berbagai jawaban ada 3 hewan, 13 hewan, 18 hewan, ada 3 hewan, 9 hewan, 4 hewan, disela-sela komentarnya ada juga menelpon ibu dari Batam yang baru pulang dari pasar. Blog jangan 4l lho lagi lho lagi. Tahun 2016 ketika Om Jay berkunjung ke Jepang untuk akses internet kena biaya yang tinggi, pakai internet hak asasi. Belajar menulis gratis secara bergelombang telah terlaksana, belajar  menulis gratis hanya lewat wa dengan pertimbangan pulsanya lebih murah, namanya belajar menulis, tulis di wa, semua gratis tidak dipungut biaya. Menulis buku-buku motivasi, kisah-kisah inspiratif, buku yang bagus belajar dari para narasumber yang sudah berhasil.

Selain menjadi guru juga menjadi guru blogger, secara rutin sebelum pandemi menyelenggarakan   workshop informatika mulai dari Bekasi sebulan 4x secara rutin. PB PGRI Pusat di gedung guru tiap hari jumat dan sabtu, diselenggarakan pelatihan gratis, semua patungan dukungan dari ketua umum diminta banyak yang kerkunjung dan diperkenankan menginap di wisma PB PGRI Pusat. Kalender kegiatan lainnya  tiap tahun ada konferensi guru blogger ada 100 orang guru blogger hadir di PB PGRI dengan patungan untuk konsumsi dll. Jadilah  guru blogger dan youtuber, dari hasil menulis blog ada hasil buku pelajaran informatika, dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Ada pepatah mengatakan gajah mati meninggalkan gading blogger mati meninggalkan posting.
Yang namanya guru penggerak harus banyak berbagi, disela-sela penjelasan ada pertanyaan dari ibu Wiwit dari bintang jangan ngantuk tetap semangat Om Jay. Belajar on line harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti pengaturan suara dibimbing oleh Prof. Eko, alat-alat lainnpun juga disiapkan karena  ditonton kurang lebih 5000 orang. Usahakan pakai yang gratis, blog yang diisi bisa juga tentang  pramuka berbasis TIK, agar kegiatan pramuka tidak membahyakan, sebagi ekskul wajib dan belajar dari kasus anak yang tenggalam pada kegiatan pramuka. Pertanyaan muncul lagi “Om Jay ajari membuat blok, ketik digoogle cara membuat blog gratis, nanti banyak orang baik membantu membuat blog. Seorang kepala sekolah yang sibuk juga ngeblog banyak penjabat yang ngeblog, aktivitas C-Generation banyak yang memiliki blog sehingga antara guru dan siswa akan bisa komunikasi lewat  blog. blog bisa diganti username dan password secara rutin agar terhindar dari hack.
Pada akhir sesi ini bukanlah pertemuam yang terakhir ini pertemuan yang pertama, di rumah masing-masing  tetap bekerja. Ayo bapak/ibu menjadi  guru penggerak lewat menulis di blog, menulis di blog tidak dibatasi diharapkan dihari kebangkitan nasional banyak guru telah memiliki blog, rajin menulis karena negara kita luas. terimakasih teman-teman, sampai jumpa di wa group belajar menulis. Hidup PGRI, Jaya PGRI, Solidaritas yess.

Salam Blogger Nusantara


I Nengah Suradnya
           


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan