Penulis Pahlawan Literasi
Digital
Marketing (DM)
Luar biasa dampak yang ditimbulkan akibat penyebaran
covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, meluluhlantakan sendi-sendi
kehidupan masyarakat, hilangya mata pencaharian, tingginya penggangguran,
menurunnya pendapatan masyarakat hingga melemahnya perekonomian nasional. Tidak
terlepas lesunya pertumbuhan dan melemahnya roda peredaran buku baik oleh
penerbit juga penulis. Untuk mengupas permasalahan tersebut telah hadir
narasumber Agust. Subardana, S.E., M.M.,CDS Direktur Pemasaran Penerbit Andi.
Dampak penjualan buku selama pandemi, pertama Jaringan toko buku seluruh Indonesia tutup dalam kurun waktu 4 bulan. Kedua akibat covid-19 masyarakat takut datang ke toko buku atau mal-mal yang didalamnya ada toko buku. Ketiga jika direviu dampak covid-19 penurunan omzet buku kurang lebih 70-80%. Banyak penerbit berhenti ke toko buku, banyak penerbit bangkrut, gulung tikar akibat pandemi covid-19.
Dari data tersebut dilihat grafik kunjungan ke toko buku Gramedia penurunan sangat tajam mulai pertengahan bulan Pebruari, April awal penurunan sampai tutup turun, pertengahan Juni merangkak naik turun lagi, diawal Juli sudah ada kenaikan pengunjung ke Gramedia karena dibuka dengan protokol Kesehatan. Dengan adanya pandemi perlu melakukan strategi penting dengan mentransformasi digital, dengan adanya dampak covid-19 telah mengubah dunia era low tauch ekonomi, interaksi individu minim, sentuhan fisik atau kelompok, keharusan mengecek kesehatan, perilaku baru bergeser ke industri-industri terutama pada industri perbukuan.
Jika dilihat bagan di atas disebut dengan digital marketing dalam era normal yang disesuaikan dengan digital marketing agar tetap eksis baik lewat branding, sosmed, konten marketing, email marketing, video, web desain dll. Digital marketing sangat penting sekali bagi pemasaran buku dengan tujuan :
1. untuk bisa membantu
meningkatkan penjualan
2. Agar terus dapat dibangun hubungan dengan pelanggan buku
di medsos.
3.
buku yang dijual mudah ditemukan di online semua market place
yang ada seperti toko vedia, bukalapak, sopie, bli bli bli.com
dan membangun reseller. membnagun reseller agar bisa memasarkan
buku ke konsumen juga diberbgai medsos seperti WA, Youtube, facebook, istagram,
agar buku tetap diminati oleh konsumen.
4.
Lewat komunitas yang ada sesuai dengan produk-produk yang dimiliki seperti novel
masuk ke komunitas novelis yang membentuk dan menghubungkan produk-produk
yang akan diterbitkan.
5.
Harus bisa selalu tampil yang utama dan pertama yang cepat dan tepat sasaran
harus ada team yang mengerti tentang pemasaran digital marketing.
6.
Mengadakan promo-promo penawaran promo khusus dengan memberikan diskon, rabat
khusus akan lebih menarik, mengadakan webinar, leave stereaming,
lewat youtube, zoom agar meningkatkan penjualan.
7.
Dalam mempertahankan penjualan buku menjadi brand yang tanggap situasi,
cepat respon jika ada yang membeli buku cepat respon untuk dikirim. Jika ada komplin
cepat perlu penjelasan yang terukur dan mendetail.
8.
Sistem mobile marketing yang sedang trend dengan menggunakan internet,
email marketing untuk menargetkan pelanggan cukup efektif melalui email
dan ada edukasi yang dapat dilakukan secara ters menerus.
9.
Menargetkan personal markelis personal dengan target orang secara
personal adanya teknologi pencarian secara personal dengan jaringan internet
yang sesuai dengan karakter konsumen tersebut.
10.
Dengan sistem continuous marketing, pemasaran berkelanjutan dengan media
sosial menyasar medsos dan dapat dievaluasi secara akurat.
11.
Terintegrated digital marketingnya menggabungkan seluruh digital marketing dengan web atau tool
karena integrasi satu dengan yang lain sehingga satu kali terupload
semua media sosial kena karena terkoneksi satu dengan yang lainnya.
12.
Menggunakan konten marketing yang menarik, karena melalui informasi internet,
bisa menarik konsumen dengan menyediakan informasi di web yang berupa artikel, gambar, video, hasil-hasil penelitian
yang memiliki keterikatan dan relevansi dengan bisnis yang sedang dipasarkan
dan dibeli oleh konsumen.
13.
Menhgadirkan visual marketing karena penting untuk dunia nyata juga dunia maya
seperti youtube, facebook, istagramm yang bermanfaat untuk konsumen dan
sangat tajam. Dalam digital marketing memerlukan peran besar.
14. Google Edward adalah suatu
meningkatkan performance marketing sarana prabayar namun potensi return
marketing sangat bermanfaat bisnis apapun, untuk membawa banyak visitor
ke website.
Potensi buku untuk sekolah saat pandemi masih bagus, mempertahankan
buku berpotensi di sekolah dengan adanya kebijakan penggunaan dana bos, boleh dipakai
untuk mengembangkan perpustakaan. Produk-produk buku sangat diharapkan, dengan kebijakan ini maka sekolah dapat
mengalokasikan dana buku untuk perpustakaan. Dengan adanya fasilitas,sarana buku siswa bisa
meminjam buku perpustakaan untuk dibaca di rumah. Kebijakan dengan dana bos
cukup luas, bisa untuk PPDB,
ekstrakurikuler, honor guru, beli pulsa siswa dan guru, membayar listrik, air,
telpon, mengembangkan kompotensi guru, biaya lomba-lomba dll. untuk itu potensi buku dengan kebijakan dana
bos berpeluang besar untuk pengembangan buku perpustakaan, buku penunjang
maupun buku teks, sebagai wahana mengembangkan budaya literasi gemar membaca.
Penerbit Andi melayani pembelian buku dana bos melalui SIPLAH
lewat market place belanja.com dan bli.bli.bli.com., menyediakan
teks utama, buku pelajaran untuk pedamping, buku ajar, buku perpustakaan, E-book
serta alat-alat olahraga dan kesenian. Adapun rangking buku laku di toko buku Gramedia, Novel 16% 34 kategori,
Departemen children book buku anak 13,6%, Religi spiritual, 12%, school
book 11 %, buku komix 9%, pengembangan diri dan buku referensi. Untuk
pembelian buku paket lewat sisplah menyediakan market place belanja.com setelah
dimasukkan melalui akun dapodik ke bli.bli.bli.com buat BAST, dikirim
barang, diterima buat BAST setelah diupload di SISPALH, transfer di mitra
plaza, bukti slip pembayaran juga diupload, intinya barang
setelah isampai ke konsumen baru dibayar. Dalam memasarkan buku penulis bekerjasama
dengan penerbit dengan mengadakan bedah buku, webinar promo, pihak
penulis diuntungkan akan mendapat hak royalti, apabila memasarkan sendiri akan
memperoleh rabat 30-40%.
Bahwa peran yang diharapkan penerbit untuk pemasaran buku
masa pandemi dengan :
- Berkolaborasi promosi
lewat medsos dan komunitas yang ada agar
meningkatkan penjualan, tidak bisa bergerak sendiri sehingga
sama-sama dipasarkan dengan zoom, live streaming dengan tetap
diagendakan oleh penerbit.
- Harapan dengan peran guru dapat membangkitkan semangat pembaca kepada peserta didiknya untuk memberikan motivasi gemar membaca, dengan membaca buku di perpustakaan, pojok-pojok baca dan budaya liiterasi. Dengan daring siswa di rumah diberikan ruang membaca dengan menambah pengetahuan dan belajar Bersama untuk memudahkan PJJ.
Stimulus yang diberikan
pada penulis adalah dengan memberikan rabat atau diskon kepada penulis dan guru, dengan adanya rabat akan
meningkatkan pendapat atau income keluarga atau penulis, juga diberikan door
price hadiah buku untuk guru salah satu contoh penawaran dapat melalui komunitas
atau jejaring pada penulis atau guru. Untuk memasukkan buku ke akun siplah harus lolos
penilaian dari Puskurbuk, mendapatkan SK penilaian dan didaftarkan di website
service sehingga terkoneksi di akun SIPLAH sehingga bisa diupload di
market place. Mendaftar diri sebagai penyedia barang di market place
legalnya bisa melalui CV, PT dengan
syarat memiliki SIUP, NPWP, Notaris dan persyaratan lainnya.baru bisa masuk ke
Akun SIPLAH.
Kesimpulan
Semua harus ditulis, jangan takut tidak dibaca atau tidak
diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti
berguna, penerbit siap membantu dalam memasarkan buku. Menulis adalah suatu
perjuangan, penulis adalah pahlawan yang dikenang selama lamanya, lembaran
karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya, buku adalah gudang ilmu,
kuncinya membaca, membaca adalah jendela dunia.
Salam Blogger Nusantara
I Nengah Suradnya
Alhamdulillah, saya sdh dpt materi ini lbh awal saat pandemi blm hadir masih penuh harapan
BalasHapusTrims y, ats kunjungnnya..mg bermnfaat.
BalasHapusResume yang sangat luar biasa. Salam sukses
BalasHapusKeren Pk
BalasHapusInggh mks y tmn
BalasHapusmantap resumnya mampir tuk ke https://ciciswediastriana.blogspot.com/
BalasHapusresumenya komplit lit..mantab
BalasHapusResumenya jos mantab Pak
BalasHapusBagus pak, ada YouTube juga pak, :)
BalasHapusMantabz...sangat mencerahkan
BalasHapusyuk kita pasarkan buku kita dengan strategi digital marketing
BalasHapusSiap...Om Jay...kita kolaboratif berbasis Medsos....2 dunia...maya juga nyata...
BalasHapusTrms tmn2 tlnh berkunjung...
BalasHapusMantap sekali resume nya.... Terimakasih pak...
BalasHapusSukses selalu buat Bpk
mantap PakNengah
BalasHapusMantap pak, sukses untuk penulis literasi
BalasHapus