Penulis Pahlawan Literasi


Digital Marketing (DM)

            Luar biasa dampak yang ditimbulkan akibat penyebaran covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, meluluhlantakan sendi-sendi kehidupan masyarakat, hilangya mata pencaharian, tingginya penggangguran, menurunnya pendapatan masyarakat hingga melemahnya perekonomian nasional. Tidak terlepas lesunya pertumbuhan dan melemahnya roda peredaran buku baik oleh penerbit juga penulis. Untuk mengupas permasalahan tersebut telah hadir narasumber Agust. Subardana, S.E., M.M.,CDS Direktur Pemasaran Penerbit Andi.

            Dampak penjualan buku selama pandemi, pertama Jaringan toko buku seluruh Indonesia tutup dalam kurun waktu 4 bulan. Kedua akibat covid-19 masyarakat takut datang ke toko buku atau mal-mal yang didalamnya ada toko buku. Ketiga jika direviu dampak covid-19 penurunan omzet buku kurang lebih 70-80%. Banyak penerbit berhenti ke toko buku,  banyak penerbit bangkrut, gulung tikar akibat pandemi covid-19.

Dari data tersebut dilihat grafik kunjungan ke toko buku Gramedia penurunan sangat tajam mulai pertengahan bulan Pebruari, April awal penurunan sampai tutup turun, pertengahan Juni merangkak naik turun lagi, diawal Juli sudah ada kenaikan pengunjung ke Gramedia karena dibuka dengan protokol Kesehatan. Dengan adanya pandemi perlu melakukan strategi penting dengan mentransformasi digital, dengan adanya dampak covid-19 telah mengubah  dunia era low tauch ekonomi, interaksi individu minim, sentuhan fisik atau kelompok,  keharusan mengecek kesehatan, perilaku baru bergeser ke industri-industri terutama pada industri perbukuan.

            Jika dilihat bagan di atas disebut dengan digital marketing dalam era normal yang disesuaikan dengan digital marketing agar tetap eksis baik lewat branding, sosmed, konten marketing, email marketing, video, web desain dll.  Digital marketing sangat penting sekali bagi pemasaran buku dengan tujuan :

1. untuk bisa membantu meningkatkan penjualan

2. Agar terus  dapat dibangun hubungan dengan pelanggan buku di medsos.

3. buku yang dijual mudah ditemukan di online semua market place yang ada seperti toko vedia,   bukalapak, sopie, bli bli bli.com dan membangun reseller. membnagun reseller agar bisa memasarkan buku ke konsumen juga diberbgai medsos seperti WA, Youtube, facebook, istagram, agar buku tetap diminati oleh konsumen.

4. Lewat komunitas yang ada sesuai dengan produk-produk yang dimiliki seperti novel masuk ke komunitas novelis yang membentuk dan menghubungkan produk-produk yang akan diterbitkan.

5. Harus bisa selalu tampil yang utama dan pertama yang cepat dan tepat sasaran harus ada team yang mengerti tentang pemasaran digital marketing.

6. Mengadakan promo-promo penawaran promo khusus dengan memberikan diskon, rabat khusus akan lebih menarik, mengadakan webinar, leave stereaming, lewat youtube, zoom agar meningkatkan penjualan.

7. Dalam mempertahankan penjualan buku menjadi brand yang tanggap situasi, cepat respon jika ada yang membeli buku cepat respon untuk dikirim. Jika ada komplin cepat perlu penjelasan yang terukur dan mendetail.

8. Sistem mobile marketing yang sedang trend dengan menggunakan internet, email marketing untuk menargetkan pelanggan cukup efektif melalui email dan ada edukasi yang dapat dilakukan secara ters menerus.

9. Menargetkan personal markelis personal dengan target orang secara personal adanya teknologi pencarian secara personal dengan jaringan internet yang sesuai dengan karakter konsumen tersebut. 

10. Dengan sistem continuous marketing, pemasaran berkelanjutan dengan media sosial menyasar medsos dan dapat dievaluasi secara akurat.

11. Terintegrated digital marketingnya menggabungkan seluruh  digital marketing dengan web atau tool karena integrasi satu dengan yang lain sehingga satu kali terupload semua media sosial kena karena terkoneksi satu dengan yang lainnya.

12. Menggunakan konten marketing yang menarik, karena melalui informasi internet, bisa menarik konsumen dengan menyediakan informasi di web yang berupa  artikel, gambar, video, hasil-hasil penelitian yang memiliki keterikatan dan relevansi dengan bisnis yang sedang dipasarkan dan dibeli oleh konsumen.

13. Menhgadirkan visual marketing karena penting untuk dunia nyata juga dunia maya seperti youtube, facebook, istagramm yang bermanfaat untuk konsumen dan sangat tajam. Dalam digital marketing memerlukan peran besar.

 14. Google Edward adalah suatu meningkatkan performance marketing sarana prabayar namun potensi return marketing sangat bermanfaat bisnis apapun, untuk membawa banyak visitor ke website.

            Potensi buku untuk sekolah saat pandemi masih bagus, mempertahankan buku berpotensi di sekolah dengan adanya kebijakan penggunaan dana bos, boleh dipakai untuk mengembangkan perpustakaan. Produk-produk buku sangat diharapkan,  dengan kebijakan ini maka sekolah dapat mengalokasikan dana buku untuk perpustakaan.  Dengan adanya fasilitas,sarana buku siswa bisa meminjam buku perpustakaan untuk dibaca di rumah. Kebijakan dengan dana bos cukup luas, bisa untuk  PPDB, ekstrakurikuler, honor guru, beli pulsa siswa dan guru, membayar listrik, air, telpon, mengembangkan kompotensi guru, biaya lomba-lomba dll.  untuk itu potensi buku dengan kebijakan dana bos berpeluang besar untuk pengembangan buku perpustakaan, buku penunjang maupun buku teks, sebagai wahana mengembangkan budaya literasi gemar membaca.

                                             

            Penerbit Andi melayani pembelian buku dana bos melalui SIPLAH lewat market place belanja.com dan bli.bli.bli.com., menyediakan teks utama, buku pelajaran untuk pedamping, buku ajar, buku perpustakaan, E-book serta alat-alat olahraga dan kesenian. Adapun rangking buku laku di  toko buku Gramedia, Novel 16% 34 kategori, Departemen children book buku anak 13,6%, Religi spiritual, 12%, school book 11 %, buku komix 9%, pengembangan diri dan buku referensi. Untuk pembelian buku paket lewat sisplah menyediakan market place belanja.com setelah dimasukkan melalui akun dapodik ke bli.bli.bli.com buat BAST, dikirim barang, diterima buat BAST setelah diupload di SISPALH, transfer di mitra plaza, bukti slip pembayaran juga diupload, intinya barang setelah isampai ke konsumen baru dibayar. Dalam memasarkan buku penulis bekerjasama dengan penerbit dengan mengadakan bedah buku, webinar promo, pihak penulis diuntungkan akan mendapat hak royalti, apabila memasarkan sendiri akan memperoleh rabat 30-40%.

            Bahwa peran yang diharapkan penerbit untuk pemasaran buku masa pandemi dengan :

  1. Berkolaborasi promosi lewat medsos dan komunitas yang ada agar  meningkatkan penjualan, tidak bisa bergerak sendiri sehingga sama-sama dipasarkan dengan zoom, live streaming dengan tetap diagendakan oleh penerbit.
  2. Harapan dengan peran guru dapat membangkitkan semangat pembaca kepada peserta didiknya untuk memberikan motivasi gemar membaca, dengan membaca buku di perpustakaan, pojok-pojok baca dan budaya liiterasi. Dengan daring siswa di rumah diberikan ruang membaca dengan menambah pengetahuan dan belajar Bersama untuk memudahkan PJJ.

                        Stimulus yang diberikan pada penulis adalah dengan memberikan rabat atau diskon kepada penulis  dan guru, dengan adanya rabat akan meningkatkan pendapat atau income keluarga atau penulis, juga diberikan door price hadiah buku untuk guru salah satu contoh penawaran dapat melalui komunitas atau jejaring pada penulis atau guru.  Untuk memasukkan buku ke akun siplah harus lolos penilaian dari Puskurbuk, mendapatkan SK penilaian dan didaftarkan di website service sehingga terkoneksi di akun SIPLAH sehingga bisa diupload di market place. Mendaftar diri sebagai penyedia barang di market place legalnya bisa melalui CV,  PT dengan syarat memiliki SIUP, NPWP, Notaris dan persyaratan lainnya.baru bisa masuk ke Akun SIPLAH.

                                                                                   


            Kesimpulan

            Semua harus ditulis, jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna, penerbit siap membantu dalam memasarkan buku. Menulis adalah suatu perjuangan, penulis adalah pahlawan yang dikenang selama lamanya, lembaran karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya, buku adalah gudang ilmu, kuncinya membaca, membaca adalah jendela dunia.









Salam Blogger Nusantara

I Nengah Suradnya

Komentar

  1. Alhamdulillah, saya sdh dpt materi ini lbh awal saat pandemi blm hadir masih penuh harapan

    BalasHapus
  2. Trims y, ats kunjungnnya..mg bermnfaat.

    BalasHapus
  3. Resume yang sangat luar biasa. Salam sukses

    BalasHapus
  4. mantap resumnya mampir tuk ke https://ciciswediastriana.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Bagus pak, ada YouTube juga pak, :)

    BalasHapus
  6. Mantabz...sangat mencerahkan

    BalasHapus
  7. yuk kita pasarkan buku kita dengan strategi digital marketing

    BalasHapus
  8. Siap...Om Jay...kita kolaboratif berbasis Medsos....2 dunia...maya juga nyata...

    BalasHapus
  9. Mantap sekali resume nya.... Terimakasih pak...
    Sukses selalu buat Bpk

    BalasHapus
  10. Mantap pak, sukses untuk penulis literasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan