MENULISLAH DENGAN HATI

        Perjalanan sesorang tidak pernah diduga, kadang berjalan seperti air, mengalir dan terus mengalir. Begitu juga ilmu yang terus akan mengalir kepada orang-orang yang mengamalkan ilmunya demi kemanusiaan. Hal ini sesuai dengan judul paparan “Menulis Dengan Hati”, yang akan dikupas habis oleh Bapak Sahat dari Sumut seorang Guru IPA, Penulis Buku, Editor dan Kurator buku. Narsum mengibaratkan dengan organ tubuh HATI yang memiliki fungsi sebagai pembersih darah, menetralkan racun juga tempat menyimpan nutrisi, vitamin dan protein.

Namun  HATI juga berarti cinta, kasih sayang juga dalam HATI akan ada kejujuran, ketulusiklasan, juga kebenaran. Untuk itu menulislah dengan hati karena akan menimbulkan kejujuran, bisa menetralisir pikiran negatif dalam menulis, karena menulis juga menyimpan enegi yang memberikan aura luar biasa bagi pembacanya.

    Sebait kata bijak terlontar dari Ibu Lilis Menulislah dengan hati dan berdoa dengan hati maka buku kita akan sampai pada pembaca dengan hati pula. Lain lagi Bapak Firman Nofeksi mengatakan Menulislah dengan kepolosan dan kesederhanaan hati dan kejujuran, pemikiran itulah nyawa bagi mata pena dan akan memberikan kata-kata baik.

Untuk itu Menulis dengan HATI memberikan makna Harapan, Asa, Tulis, dan Ide

HARAPAN

Dalam menulis harus memiliki tujuan, agar tulisan lita memiliki makna dan mencapai harapan, sehingga jika tujuan sudah jelas, dalam menulis tidak terombang ambing dan konsisten. Karena dalam menulis akan diperoleh tujuan yang meliputi orientasi material tertuju pada materi, harapan eksistensial menuju pada popularitas, orientasi personal tentang perasaan pribadi, orientasi sosial untuk membangun peradaban dan orientasi spiritual untuk beribadah, memperoleh pahala untuk bersama-sama gemar menulis.

ASA

Dalam menulis tidak terlepas dari jiwa fight, petaung, semangat dan tidak mudah menyerah, komitmen untuk menulis setiap hari, banyak membaca, ikut komunitas, bersama menulis buku antologi dan buku solo.

TULiS

Segeralah menulis, cepatlah menulis jangan sampai ide-ide kita hilang. Ikatlah ide-ide itu agar bermakna menjadi sebuah tulisan.

IDE

Tulisan bisa berasal dari aktifitas sehar-hari, pengalaman pribadi, lingkungan sekitar, membaca buku, media sosial dan berbagai sumber lainnya. Ikatlah ide langsung tancap gass untuk ditulis. Maka slogan 3M harus dilakukan mulai, mulai, mulai dan menulis, menulis dan menulis.

       Dalam menulis jelas memiliki beberapa manfaat diantaranya : Melatih kreatifitas, karena sering mengasah otak kita berpikir. Wadah untuk meluapkan segala rasa, rasa sedih, gembira, senang, segala kisah dan berbagai kejadian. Hidup lebih terorganisir karena terlatih dalam kerangka berpikir. Menambah daya ingat antara otak kiri dan kanan. Meningkatkan kemampuan literasi dalam tata Bahasa. Mendapatkab poin dan koin.

    Dalam menulis diperlukan niat atau kemauan, tekun, konsisten, untuk tetap menulis. Di dalam menulis bukan ditentukan siapa yang ahli, tapi siapa yang mau. Menulislah dengan hati maka tulisan kita akan menyentuh hati pembaca.

    Dari beberapa pertanyaan yang disharingkan bahwa tidak selamanya menulis diawali dengan pemilihan tema, tergantung dari ide yang akan mau ditulis, jika pengalaman pribadi, kejadian yang dialami, tidak perlu melalui tema. Namun jika menulis artikel, buku wajib ada tema agar tidak meluas. Agar ide kita tidak hilang terutama dikala blank, maka perlu menulis dengan fokus, cepat menulis apa yang kita pikirkan jangan biarkan ide itu menghilang. Dan selalu fokus pada tema yang kita kan tulis.  Kadang diawali dengan ketidak tarikan akan menulis, namun lambat laun kesukaan itu muncul terus, menjadi ketagihan untuk menulis. Pengaruh dan motivasi teman sangat luar biasa dalam motivasi menulis, narsum dan tokoh-tokoh . Diakhir penyampaiannya narsum mengatakan Menulislah dengan Hati, gapailah Harapan dengan Asa yang terus membara, langsungkan Tulisan selagi ada Ide.

 

Komentar

  1. Kereeen pak Sahat, rupanya bertapa dari kelas menyelesaikan tulisan ini tho... semangat Pak Sahat

    BalasHapus
  2. Mantap Pak... Semoga dapat menambah semangat untuk terus berkarya

    BalasHapus
  3. Mantap pak,,,, semangat menulis 💪💪💪

    BalasHapus
  4. Lanjuttt...terus dan terus berkarya dan menginspirasi kita..salam

    BalasHapus
  5. Terima kasih buat resume nya Pak Nengah,, luar biasa...Tetap semangat

    BalasHapus
  6. Terima kasih buat resume nya Pak Nengah,, luar biasa...Tetap semangat

    BalasHapus
  7. Trimkasih...skm bngttt..semuanya..ats info n responnyaa..Berbagi itu Indah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan