INSPIRASI YANG MEMBUMI



Sosok narsum kali ini tidak bisa diragukan tentang kepiwaian beliau dikancah literasi. Perjalanan untuk bisa menembus angan-angannya agar mampu berbagi dan berprestasi tidaklah mudah, berbagai halangan dan rintangan beliau hadapi, tidak pernah mundur, tidak mengenal waktu dan ruang dalam membangun dunia Pendidikan. Siapakah orang yang sangat getol memajukan dunia menulis di daerahnya? Beliau Ibu Dra. Ika Lilis Herpianti Sutikno, S.H. seorang pendidik yang sarat prestasi, segudang pengabdian beliau berikan pada daerahnya di NTT. Menjuarai berbagai lomba, menjadi narasumber diberbagai pertemuan dan kegiatan, terpilih sebagai instruktur hebat, dan mengikuti berbagai kegiatan organisasi sosial dan kemasyarakatan, sehingga tidak heran berbagai prestasi terlahir dari tekad dan ketekunannya yang pantang menyerah dalam kondisi sesulit apapun.



Sosok yang familiar dikuliah online MBI, beliaulah sangat berjasa di kelas Menulis Buku Inspirasi (MBI) pendiri MBI yang pesertanya berasal dari seluruh Indonesia. Dan berasal dari berbagai profesi, berbagai suku bangsa, asal daerah, memiliki berbagai budaya yang adiluhung sebagai warisan nenek moyang sebagai lokal wisdom yang luar biasa. Karena yang ikut dikelas MBI bukan guru saja melainkan ibu rumah tangga, pegawai, petugas Kesehatan atau birokrasi, bahkan ada dari kalangan siswa, sungguh unik dan beranekaragam seakan-akan literasi menyatukan umat manusia.

Melalui tebaran “Menulis Buku Inspirasi” mampu menebarkan pesona bagi teman-teman dan sahabat MBI beserta seluruh penggiat literasi Nusantara. Kehadiran narsum yang dikenal sangat gentol memperjuangan gender khususnya dalam hal menulis telah hadir memotivasi dengan berbagai trik dan strategi menjadikan menulis itu semudah ceplok telor.



Kehadiran beliau di kelas MBI pun sangat berbeda dan sangat spesial dari biasanya. Dalam setiap tampilan narsum disambut dengan tari penyambutan asal daerahnya masing-masing. Namun kali ini disambut dengan sebuah lagu daerah yang sangat berkesan, dalam iringan melodi yang mengalun memhidupkan suasana perkuliahan. Selanjutnya ada persembahan puisi yang disuguhkan oleh bapak Eko Daryanto yang sangat afik dan penuh makna menyentuh kalbu. Tidak cukup disana beliau juga menguraikan dan memberikan makna dari kalimat Bunda Lilis Sutikno.



Dari berbagai pengalaman beliau sharingkan, beliau bagi habis, membuat sahabat MBI terkesima. Untuk menarik perhatian dan suasana lebih semarak. Narsum memberikan reward terhadap peserta MBI yang mampu memberikan jawaban yang tepat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkannya. Begitu juga pertanyaan-pertanyaan terbaik yang disampaikan oleh peserta diakhir sesi. Sungguh pertemuan yang sulit terlupakan sehingga respon yang muncul luar biasa sampai melewati batas maksimal waktu yang ditentukan moderator. Benar-benar amazing dan spetakuler.



Dari usaha dan kerja keras beliau beberapa buku telah diterbitkan bahkan mencapai best seller, sangat-sangat menginspirasi.



Diskusi semakin hangat peserta ingin mengetahui kisah awal yang memotivasi narsum, hubungannya dengan keluarga dalam meniti karir, trik membagi waktu, cara menulis ringan tanpa beban dan keragu-raguan, dan mejadikan menulis itu menyenangkan dari awal menulis sampai menerbitkan buku.



Dan diakhir pemaparan beliau sebagai closing statement ditampilkan video salam inspirasi yang sangat menginspirasi sahabat MBI pengobat rindu, pembangkit semangat mengapai asa.







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Belajar Merdeka Mengajar Merdeka Hasil Belajar

Keterbatasan Bukan Penghalang Kesuksesan